Kamis, 15 Juni 2017

STUDI EKSKURSI KULIAH LAPANGAN ARSITEKTUR HARI PERTAMA DI HONGKONG

Studi Ekskursi merupakan kegiatan wajib tahunan mahasiswa yang di selenggarakan Universitas Gunadarma.Untuk kami mahasiswa Arsitektur Angkatan ke 19 studi ekskursi tersebut terbagi kedalam 2 destinasi diantaranya HOSEMA (Hongkong Shenzhen Macau) dan Dubai.
Disini saya akan menulis seputar Kuliah Lapangan Arsitektur saya dengan destinasi HOSEMA yang di selenggarakan selama 4 hari.

Hari pertama di awali dengan prepare kami para mahasiswa dengan membawa perlengkapan menuju bandara Soekarno Hatta.Saya berangkat dari Depok pada jam 12 malam lewat 15 menit, dini hari.Dikarenakan banyaknya mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut dikhawatirkan dalam pemeriksaan yang cukup memakan waktu maka para dosen maupun pihak travel memberitahukan agar datang lebih awal.

Ketika sesampainya di Bandara saya dan teman-teman beristirahat sejenak sambil menunggu kelengkapan anggota kelompok kami.pada pukul 04.30 kami mulai berkumpul pada satu titik dan mulai mengumpulkan barang bawaan kami sambil di bagikan boarding pass yang di sana tertera waktu flight 06.45 WIB.
Briefing Bandara Soekarno Hatta

Pukul 05.00-06.00 saya dan teman kelompok menjalani pemeriksaan dari pihak bandara guna memastikan barang-barang bawaan kami.Pemeriksaan cukup lancar walaupun saya lupa pada tahap scanner metal detector ketika itu lupa memindahkan dompet saya.
Kurang lebih pukul 07.00 kami flight dari Jakarta menuju Hongkong,di pesawat saya gunakan untuk beristirahat sampai kita take off pada pukul 11.45 WIB di bandara hongkong disana kita beristirahat untuk persiapan makan siang.

Kurang lebih pukul 13.00 WIB saya dan kelompok bis saya Bis 1 berkeliling mengitari hongkong untuk pertama kalinya,bangunan Hongkong sendiri kuranglebih tersusun atas bangunan tinggi menjulang bahkan sampai dengan bukit saja di sana di bangun bangunan highrise dikarenakan material tanahnya yang mayoritas tersusun atas batuan keras sehinggi mampu menopang beban bangunan tinggi tersebut,inilah mungkin salah satu keunikan Hongkong dari segi arsitekturalnnya yang sulit di terapkan di negara kita.
Highrise on the hill

Urbanscape Honghong taken from bus

Tidak hanya itu saja saya beserta rombongan bis 1,di suguhkan dengan shopping di jewellery shop, bangunan arsitektur universitas terkemuka mong man wai di Hongkong yang di ambil dari nama pendirinya  dan juga bangunan tertinggi Hongkong yang menjadi kebanggaan masyarakat disana.

Mong Man Wai Universe
Hongong Academi Medicine

Setelah berkeliling dan mengunjungi tempat tempat belanja dan arsitektural,kurang lebih pukul 15.30an WIB saya sampai di tempat pengamatan kelompok saya kelompok 1 yaitu garden of star lebih tepatnya area waterfront samping Avenue of Star.Kesan pertama kali tempat tersebut menurut saya salah satu tananan lancsape yang indah di isi dengan beragam sculpture bintang hollywood Actress Hongkong.Namun untuk tempat atau area pengamatan saya yang berada di kawasan Avenue of star area waterfrontnya sangat kurang sekali selain factor cuacanya yang sedang berkabut dan gerimis namun obyeknya banyak yang di pindahkan ke area garden of star dan untuk area theather Avenue of star sedang di senovasi hingga akhir 2018 hal tersebut memberikan sedikit kekecewaan terutama untuk kelompok saya yang sedang melakukan pengamatan di area tersebut.Tapi apa boleh buat itu kenyataan yang harus kami terima.Beruntungnya setelah berkonsultasi dengan pihak travel,kami di berikan sedikit solusi untuk mengganti kekurangan bahan pengamatan pada sore hari tadi.Pada pukul 19.00an kelompok kami mengunjungi waterfront yang masih satu kawasan dengan area garden of star pada malam hari barula kami menyadari keindahan area waterfront tersebut dikarenakan pemandangan urbanscape dari kejauhan terlihat indah dengan permainan warna lampu bangunan tinggi Hongkong.dan juga prahu finisi khas marina bay hongkong yang menyala pada malam hari ditambah ramainya pengunjung disana menambah keindahan area sekitar waterfront tersebut.

Garden of star
Waterfront Avenue of Star

Waktu menunjukan pukul 21.00 WIB di jam saya kami dikumpulkan oleh pihak dosen dan travel untuk menerima kunci kamar masing-masing yang satu unit kamar tersebut untuk 2 orang,kami pun memasuki hotel kami masing-masing dan di berikan waktu untuk beristirahat dan menyudahi hari pertama kami.