Kamis, 09 Maret 2017

HONGKONG MACAU DAN SHENZHEN SEBAGAI SALAH SATU TUJUAN EKSKURSI MAHASISWA ARSITEKTUR GUNADARMA



Untuk Studi Ekskursi Mahasiswa Universitas Gunadarma khususnya jurusan Arsitektur,yang di gelar setiap tahunnya, pada tahun 2017 ini destinasi tujuan para mahasiswa di tujukan pada 2 tempat destinasi yang berlokasi di Dubai dan Hongkong.
Disini Saya akan mengulas tempat-tempat di negara Hongkong beserta Macau dan Shenzen sebagai destinasi pilihan sayang dalam Studi Ekskursi Arsitektur kali ini.

LETAK GEOGRAFIS



HONGKONG

Hong Kong terletak di laut Tiongkok selatan, 60 km (37 mi) sebelah timur Makau di sisi berlawanan dari Pearl River Delta. Dikelilingi Laut Tiongkok Selatan di timur, selatan, dan barat, dan berbatasan dengan kota Shenzhen di utara, di seberang Sungai Sham Chun (Sungai Shenzhen). Luas daerahnya adalah 1,104 km2 (426 sq mi) terdiri dari Pulau Hong KongKowloon, dan New Territories, dan lebih dari 200 pulau lepas pantai, Pulau Lantau adalah yang terbesar sedangkan Hong Kong adalah yang kedua terbesar dan populasinya adalah yang terbesar. Dari keseluruhan total, 1,054 km2 (407 sq mi) adalah darat dan 50 km2 (19 sq mi) adalah air. Hong Kong mengklaim laut teritorial sejauh 3 nautical mile (5.6 km). Luas daratan Hong Kong menjadikan luasannya urutan ke-179 di dunia.

MACAU

Makau terletak pada 70 km sebelah barat daya Hong Kong dan 145 km dari Guangzhou. Ia adalah koloni Eropa tertua di Tiongkok, sejak abad ke-16.Makau adalah sebuah wilayah di pesisir selatan Republik Rakyat Tiongkok setelah penandatanganan perjanjian antara Portugal dengan Tiongkok pada 20 Desember 1999. Bersama dengan Hong Kong, Makau adalah suatu wilayah dengan status sebagai Daerah Administratif Khusus yang berlaku hingga 20 Desember tahun 2049 atau 50 tahun setelah penandatanganan penyerahan kedaulatan.

SHENZHEN

Shenzhen merupakan nama kota di RRC.Letaknya di bagian tenggara.Tepatnya di provinsi Guangdong.Pada tahun 2004,kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 6 juta jiwa dengan memiliki luas wilayah 2.020 km².Kota ini terdiri dari 6 kabupaten level-divisi. Letaknya tak jauh dari perbatasan Hong Kong.

DESTINASI ARSITEKTUR HONGKONG, MACAU DAN SHENZHEN

Kota Hongkong,Macau dan Shenzhen merupakan kawasan yang tersusun atas gedung gedung tinggi pencakar langit yang memiliki nilai estetis tinggi dalam segi Arsitektural tak ayal Negara satu ini menjadi salah satu tujuan Ekskursi Mahasiswa Arsitektur yang ingin menyaksikan keindahan Hamparan Gedung tinggi bergaya Modern pada negara tersebut.

VICTORIA BAY



Victoria Bay merupakan tempat wisata favorit dan menjadi aset terbesar bagi Hongkong, Victoria Bay ini adalah pelabuhan yang tersibuk di hongkong sehingga menarik masyarakat dunia datang ketempa ini, walaupun tempat ini sebagai pelabuhan akan tetapi keindahan tempat ini sangat terjaga dan menjadi tampat yang menghasilkan mendapatan besar di bidang pariwisata.
Yang menjadi lebih indah anda datang ke pantai ini pada malam hari, karena berjuta lampu twinkle hidup dan lebih dari 40 gedung-gedung tertinggi ikut menghiasi Victoria Bay hal ini menjadi tempat malam yang indah di dunia setelah di jepang dan italia. Untuk melihat Victoria bay secara keseluruhan anda dapat melihatnya di the peak. Jika anda ke hongkong tidak afdol jika belum mengunjungi  Victoria Bay dan yang paling tepat memandangi dari kapal ferry.

HONGKONG AVENUE OF STAR



Selain menyuguhkan yang menajubkan dari Victoria bay yang sangat terkenal dari hongkong bagi para travelling dunia. Hongkong Avaneu Of Star merupakan tempat untuk mempromosikan perfilman di hongkong dan sebagai media untuk memperkenalkan wisata di mata dunia. Icon dari Hongkong Avaneu Of Star ialah Patung setinggi 2 meter yang terbuat dari perunggu ini meragakan aksi bintang terkenal Hongkong yakni Bruce Lee. Hal ini juga merupakan untuk menghormati para bintang film yang mampu memperkenalkan hongkong ke mata dunia.  Hongkong Avaneu Of Star ini terletak di Tsim Tsa Shui Promenade, pembukaan resminya di lakukan pada tanggal 27 April 2004.

PO LIN MONASTERY



Po Lin Monastery merupakan tempat yang cocok untuk mengetahui budaya hongkong yang berpadu dengan keindahan alamnya, Po Lin Monastery adalah sebuah kuil kecil yang di bangun oleh tiga biksu dan disini anda dapat melihat tokoh dewa dan dapat belajar tentang warna-warni segala aspek agama budha. Tempat patung budha berada disebut sebagai Tian Tan Big Budha.  Di tempat ini anda akan mendapatkan pemandangan yang indah karena terletak di dataran tinggi yaitu di puncak gunung Muyu sebuah pulau Lantau, Hongkong. Oleh karena itu biara Po Lin ini menjadi salah satu tujuan favorit waisatawan yang datang ke Hongkong.

THE PEAK



Di tempat ini anda  akan melihat keindahan yang di suguhkan kota Hongkong dan waktu yang paling tepat ialah pada malam hari. Anda akan di melihat warna warni dari kota Hongkong seperti pantai victoria bay yang sangat terkenal keindahanya, gedung-gedung menjulang tinggi ditambah warna warni dari lampu yang bersinar kemudia anda juga akan melihat lereng bukit dari the peak yang hijau dan asri.

MACAU TOWER



Spot satu ini bisa dijadikan destinasi utama ketika berencana untuk liburan di Macau karena Menara Macau adalah obyek wisata yang akan melengkapi kesenangan Anda. Dengan tinggi 338 meter, segala keindahan kota Macau dapat dinikmati dari atas puncak Macau Tower ini. Tantang diri Anda juga untuk berjalan di luar gedung Macau Tower yang ada di atas di mana lantainya terbuat dari kaca sehingga bisa langsung melihat kota Macau. Kegiatan lainnya yang bisa memacu adrenalin adalah bungee jumping, jadi bagi yang suka tantangan obyek ini begitu wajib untuk didatangi.

RERUNTUHAN ST PAUL ATAU SAO PAULO



Ciri khas Macau yang tidak boleh terlupakan adalah reruntuhan St. Paul atau Sao Paulo di mana anak tangga besar menuju tempat ini merupakan pemandangan yang luar biasa di Macau. Alasan mengapa tempat ini disebut dengan reruntuhan adalah karena memang sempat terjadi kebakaran yang terjadi tidak hanya sekali pada bangunan ini, yaitu pada tahun 1601 dan 1835.

Konon, gereja ini dulunya berjejeran dengan perpustakaan serta kampus klasik yang akhirnya juga habis terbakar. Sempat ada upaya-upaya dalam mendirikan kembali bangunan megah tersebut, namun versi bangunan yang sudah ada di dalam banyak benak pengunjung bakal susah ditandingi oleh kondisi terbarunya.

WINDOW OF THE WORLD



Tempat wisata Shenzhen kali ini adalah Window of The World yang dapat anda temukan pada bagian sebelah barat dari Shenzhen. Tempat wisata ini merupakan salah satu taman yang memiliki berbagai macam tiruan dari bangunan – bangunan besar yang terkenal yang ada di dunia. Window of The World memiliki luas areal yang mencapai 480 ribu meter persegi. Yang terdapat di dalam taman ini bermacam bangunan tiruan dari bangunan yang terkenal yang ada di kota besar yang ada di dunia. Terdapat juga tiruan dari Menara Eiffel, Menara Condong Pizza, Colosseum, Piramida, Candi Borobudur dan bangunan lainnya.

Bangunan – bangunan replika yang ada di tempat ini dibangun dengan skala 1:15 atau pun juga 1:10 sehingga bangunan ini memiliki besaran yang dengan detail yang mirip seperti aslinya. Replika dari bangunan – bangunan yang ada di tempat wisata ini dibuat dengan sangat mendetail sehingga akan terlihat dengan sangat mirip sekali seperti bangunan yang asli. Mulai dari cara pewarnaan, pembentukannya, serta dari cara susunan bangunannya, maupun jumlah dari tiang yang menyangga bangunan tersebut.

DAPENG FORTRESS



Tempat wisata Shenzhen kali ini adalah Dapeng Fortress yaitu sebuah komplek dari benteng pertahanan yang merupakan tempat yang berfungsi sebagai tempat untuk berlindung dari berbagai macam serangan dari bajak laut Jepang pada masanya. Tempat wisata ini telah dibangun dari tahun 1394 yang lalu oleh seorang Kaisar dari Dinasti Ming. Tempat wisata ini memiliki Luas bangunan yang mencapai luas 110 ribu meter persegi. Yang terdiri dari pagar yang tebal yang terbuat dari batu bata yang kokoh yang mengelilingi rumah – rumah. Pagar – pagar ini memiliki ketinggian yang mencapai 6 m tingginya dan juga memiliki ketebalan lebih dari 2 m tebalnya. Tempat wisata ini sangat menarik untuk anda kunjungi terlagi anda menyukai tempat wisata yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.


Sekian merupakan destinasi yang cukup menarik ketika berada di kota-kota tersebut,masih banyak tempat-tempat indah yang memiliki view dan nilai baik estetik maupun artistik tinggi.Semoga dapat bermanfaat bagi referensi kita bersama.

SUMBER

http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-hong-kong-yang-wajib-dikunjungi/
http://tempatwisataunik.com/wisata-dunia/wisata-asia/china/tempat-wisata-di-macau
https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g297415-Activities-c47-t3-Shenzhen_Guangdong.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Hong_Kong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar