MANAGEMENT ORGANISASI KANTOR SWASTA
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
BCA Card
Centrre Cabang Surabaya merupakan cabang kedua dari empat kantor cabang yang
dimiliki oleh BCA Card Centre di Indonesia. Sebagai cabng yang kedua, BCA Card
Centre Cabang Surabaya secara resmi mulai beroperasi pada bulan April tahun
a992, dimana pendiriannya mengacu pada dasar hukum atas kegiatan usaha
institusi kartu kredit yang pada umumnya dikeluarkan oleh bank-bank Indonesia.
Sedangkan
dasar hukumnya diataur di dalam pasal 6 huruf “I” Undang-Undang no.7 tahun 1992
tentang Perbankan yang berbunyi :
-Usaha
Bank meliputi melakukan kegiatan anjak piutang, usaha kartu kredit dan kegiatan
wali amanat”.
Selain
itu, pendirian BCA Card Centre Cabang Suarabaya juga mengacu pada pokok-pokok
Paket Deregulasi Bidang Keuangan dan Perbankan tanggal 27 Oktober 1988 (PAKTO
27) nomor II angka “1” mengenai kemudahan pembukaan kantor baik, dimana
di dalamnya dijelaskan pada huruf “C”, yaitu : “Untuk pembukaan kantor cabang
dapat dilakukan cukup dengan memberitahukan kepada Bank Indonesia”.
STRUKTUR ORGANISASI
KEGIATAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PERORGANISASIAN
·
Branch Manager
a. Bertanggung jawab atas kemajuan
perusahaan.
b. Bertanggung jawab kepada pimpinan
pusat.
c. Mempunyai wewenang tertinggi
dalam pengambilan keputusan.
d. Mengkoordinasi dan mengawasi
pelaksanaan pekerjaan masing-masing bagian yang ada dalam perusahaan.
·
Sekretaris
a. Membantu Branc Manager dalam
melaksanakan tugas-tugasnya.
b. Menangani masalah-masalah
kesekretariatan, seperti surat-menyurat, file, dan sebagainya.
·
Marketing Unit Head
a. Bertanggung jawab atas seluruh
pekerjaan yang ada di bagian/unit pemasaran.
b. Mengkoordinasikan dan mengawasi
bagian-bagian yang ada pada bagian/unit pemasaran agar dapat bekerja sesuai
dengan tujuan perusahaan.
·
Marketing Cardholder
Bertugas untuk menawarkan atau
mempromosikan BCA Card ke perusahaan-perusahaan agar mau memiliki BCA Card.
·
Marketing Merchant
Bertugas untuk menawarkan atau
mempromosikan BCA Card dengan mendatangi toko-toko atau pedagang agar mau
menerima pembayaran dengan menggunakan BCA Card.
·
Marketing Support
Bagian dalam yang bertanggung jawab
untuk mengurusio administrasi.
·
Customer Service
Bertugas untuk melayani
pelanggan/konsumen yang datang langsung ke BCA Card Centre ataupun yang melalui
telepon.
·
Credit
a. Bertanggung jawab atas seluruh
pekerjaan yang ada di bagian kredit.
b. Mengkoordinasi dan mengawasi
bagian-bagian yang ada pada bagian kredit sesuai dengan tujuan perusahaan.
·
Analisa Kredit
Bertugas menganalisa setiap
permohonan/aplikasi yang masuk ke BCA Card Centre.
·
Pengawasan Kredit
Bertugas untuk mengecek tagihan yang
masuk ke BCA Card Centre dan mengawasi kartu-kartu kredit.
·
Penagihan Kredit
Bertugas untuk mengurusi pembayaran
Cardholder dengan cara menelpon atau menagih secara langsung.
·
Risk dan Management Security
Bertugas untuk membantu bagian
pengawasan dan penagihan kredit (karena ketiga-tiganya saling berkaitan).
·
Operational Unit Head
a. Bertanggung jawab atas seluruh
pekerjaan yang ada di bagian/unit operasional. agar dapat bekerja sesuai dengan
tujuan perusahaan.
b. Mengkoordinasi dan mengawasi
bagian-bagian yang ada pada bagian/unit operasional agar dapat bekerja sesuai
dengan tujuan perusahaan.
·
Kasie Operasional
-Bertanggung jawab kepada
Operasional Unit Head.
-Mengawasi tugas-tugas dari Staff
Operational I dan Staff Operational II.
·
Staff Operational I dan Staff Operational II
Bertugas untuk mengoperasikan/memproses
faktur-faktur yang masuk ke BCA Card Centre.
·
Kolektor
Bertugas untuk mengambil faktur di
toko-toko atau pedagang yang menerima pembayaran dengan BCA Card.
MANAGEMENT ORGANISASI KANTOR PEMERINTAH
STRUKTUR ORGANISASI
bagan di atas adalah struktur
pengorganisasian Kanca (kantor cabang) BRI Pondok Gede. Sedangkan di bawah ini,
adalah kegiatan pengorganisasian dari struktur di atas adalah sebagaiberikut:
KEGIATAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PERORGANISASIAN
KEGIATAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PERORGANISASIAN
·
Pemimpin
Cabang: Yang memimpin kantor cabang tersebut
·
Asisten
Manajer Operasional: Yang mengatur operasional kantor cabang tersebut
·
AO
Komersial: Yang mencari nasabah pinjaman dengan jaminan harta perusahaan atau
bisnis yang sedang dijalankan perusahaan tersebut ;
·
AO Briguna:
Yang mencari nasabah pinjaman dengan jaminan surat keputusan kepegawaian ;
·
Formasi Fuding Officer: Petugas yang
mencari nasabah simpanan. Formasi Fuding Officer tersebut masih dalam pencarian
;
·
Seksi
Penunjang Bisnis: Supervisor yang mengurus administrasi kredit/pinjaman ;
·
Seksi
Penunjang Operasional: Supervisor yang mengurus SDM logistik & IT
perusahaan kantor cabang BRI tersebut ;
·
Teller:
Petugas yang melayani penyetoran & pengambilan uang secara manual,
disamping ATM & mesin CDM ;
·
Customer
Service: Petugas yang menangani pembukaan rekening, giro, & jasa bank
lainnya ;
·
Administrasi
Kredit Komersial: Petugas yang menangani administrasi kredit komersial ;
·
BRIGUNA:
Petugas yang menangani administrasi kredit kepada golongan yang berpenghasilan
tetap atau pegawai negeri maupun instansi lainnya ;
·
Sekretaris
& SDM: Sekretaris merangkap menangani sumber daya manusia (SDM) ;
·
Logistik:
Yang mengurusi logistik ;
·
IT E Chanel:
Yang mengurusi IT ;
·
Sopir: Pengemudi
mobil dinas, baik untuk operasional cabang maupun yang berkaitan dengan
kepegawaian ;
·
Pramubakti:
OB merangkap kurir (biasanya dibantu beberapa cleaning service).
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar