Kamis, 24 November 2016

MANAGEMENT ORGANISASI MIKRO PUBLIC DAN SWASTA


MANAGEMENT ORGANISASI KANTOR SWASTA

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

BCA Card Centrre Cabang Surabaya merupakan cabang kedua dari empat kantor cabang yang dimiliki oleh BCA Card Centre di Indonesia. Sebagai cabng yang kedua, BCA Card Centre Cabang Surabaya secara resmi mulai beroperasi pada bulan April tahun a992, dimana pendiriannya mengacu pada dasar hukum atas kegiatan usaha institusi kartu kredit yang pada umumnya dikeluarkan oleh bank-bank Indonesia.
Sedangkan dasar hukumnya diataur di dalam pasal 6 huruf “I” Undang-Undang no.7 tahun 1992 tentang Perbankan yang berbunyi :
-Usaha Bank meliputi melakukan kegiatan anjak piutang, usaha kartu kredit dan kegiatan wali amanat”.
Selain itu, pendirian BCA Card Centre Cabang Suarabaya juga mengacu pada pokok-pokok Paket Deregulasi Bidang Keuangan dan Perbankan tanggal 27 Oktober 1988 (PAKTO 27) nomor II angka “1” mengenai kemudahan pembukaan kantor baik, dimana  di dalamnya dijelaskan pada huruf “C”, yaitu : “Untuk pembukaan kantor cabang dapat dilakukan cukup dengan memberitahukan kepada Bank Indonesia”.
STRUKTUR ORGANISASI

KEGIATAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB  PERORGANISASIAN
·         Branch Manager
a. Bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan.
b. Bertanggung jawab kepada pimpinan pusat.
c. Mempunyai wewenang tertinggi dalam pengambilan keputusan.
d. Mengkoordinasi dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan masing-masing bagian yang ada dalam perusahaan.
·         Sekretaris
a. Membantu Branc Manager dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
b. Menangani masalah-masalah kesekretariatan, seperti surat-menyurat, file, dan sebagainya.
·         Marketing Unit Head
a. Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian/unit pemasaran.
b. Mengkoordinasikan dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian/unit pemasaran agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
·         Marketing Cardholder
Bertugas untuk menawarkan atau mempromosikan BCA Card ke perusahaan-perusahaan agar mau memiliki BCA Card.
·         Marketing Merchant
Bertugas untuk menawarkan atau mempromosikan BCA Card dengan mendatangi toko-toko atau pedagang agar mau menerima pembayaran dengan menggunakan BCA Card.
·         Marketing Support
Bagian dalam yang bertanggung jawab untuk mengurusio administrasi.
·         Customer Service
Bertugas untuk melayani pelanggan/konsumen yang datang langsung ke BCA Card Centre ataupun yang melalui telepon.
·         Credit
a. Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian kredit.
b. Mengkoordinasi dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian kredit sesuai dengan tujuan perusahaan.
·         Analisa Kredit
Bertugas menganalisa setiap permohonan/aplikasi yang masuk ke BCA Card Centre.
·         Pengawasan Kredit
Bertugas untuk mengecek tagihan yang masuk ke BCA Card Centre dan mengawasi kartu-kartu kredit.
·         Penagihan Kredit
Bertugas untuk mengurusi pembayaran Cardholder dengan cara menelpon atau menagih secara langsung.
·         Risk dan Management Security
Bertugas untuk membantu bagian pengawasan dan penagihan kredit (karena ketiga-tiganya saling berkaitan).
·         Operational Unit Head
a. Bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang ada di bagian/unit operasional. agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
b. Mengkoordinasi dan mengawasi bagian-bagian yang ada pada bagian/unit operasional agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan.
·         Kasie Operasional
-Bertanggung jawab kepada Operasional Unit Head.
-Mengawasi tugas-tugas dari Staff Operational I dan Staff Operational II.
·         Staff Operational I dan Staff Operational II
Bertugas untuk mengoperasikan/memproses faktur-faktur yang masuk ke BCA Card Centre.
·         Kolektor

Bertugas untuk mengambil faktur di toko-toko atau pedagang yang menerima pembayaran dengan BCA Card.

MANAGEMENT ORGANISASI KANTOR PEMERINTAH
STRUKTUR ORGANISASI



bagan di atas adalah struktur pengorganisasian Kanca (kantor cabang) BRI Pondok Gede. Sedangkan di bawah ini, adalah kegiatan pengorganisasian dari struktur di atas adalah sebagaiberikut:   

KEGIATAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB  PERORGANISASIAN

·                     Pemimpin Cabang: Yang memimpin kantor cabang tersebut 
·                     Asisten Manajer Operasional: Yang mengatur operasional kantor cabang tersebut
·                     AO Komersial: Yang mencari nasabah pinjaman dengan jaminan harta perusahaan atau bisnis yang sedang dijalankan perusahaan tersebut ;    
·                     AO Briguna: Yang mencari nasabah pinjaman dengan jaminan surat keputusan kepegawaian ; 
·                      Formasi Fuding Officer: Petugas yang mencari nasabah simpanan. Formasi Fuding Officer tersebut masih dalam pencarian ; 
·                     Seksi Penunjang Bisnis: Supervisor yang mengurus administrasi kredit/pinjaman ; 
·                     Seksi Penunjang Operasional: Supervisor yang mengurus SDM logistik & IT perusahaan kantor cabang BRI tersebut ;
·                     Teller: Petugas yang melayani penyetoran & pengambilan uang secara manual, disamping ATM & mesin CDM ;
·                     Customer Service: Petugas yang menangani pembukaan rekening, giro, & jasa bank lainnya ;
·                     Administrasi Kredit Komersial: Petugas yang menangani administrasi kredit komersial ;
·                     BRIGUNA: Petugas yang menangani administrasi kredit kepada golongan yang berpenghasilan tetap atau pegawai negeri maupun instansi lainnya ;
·                     Sekretaris & SDM: Sekretaris merangkap menangani sumber daya manusia (SDM) ;
·                     Logistik: Yang mengurusi logistik ; 
·                     IT E Chanel: Yang mengurusi IT ;
·                     Sopir: Pengemudi mobil dinas, baik untuk operasional cabang maupun yang berkaitan dengan kepegawaian ;
·                     Pramubakti: OB merangkap kurir (biasanya dibantu beberapa cleaning  service).


Sumber  : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar